Bedanya Tepung Kanji dan Tepung Sagu

Kemarin saya kebetulan lagi butuh tepung sagu tani untuk membuat pempek.. nah koq di beri tepung tapioka merk “tani” sama penjualnya.. emm aq kira salah.. eh ternyata saya baru tahu kalo ternyata tepung sagu tani itu sama dengan tepung tapioka..  setelah search di internet ternyata tepung sagu tani itu sama dengan tapioka namun kualitasnya jauh lebih bagus dari tapioka :)

 

Tepung tapioka:
Berbahan dasar singkong (cassava), tepung ini dibuat melalui proses panjang, mulai dari pembersihan singkong, kemudian diparut lalu diperas untuk diambil saripatinya, kemudian dikeringkan hingga menghasilkan tepung. Nyaris gak mengandung protein dan gluten-free sehingga cocok untuk mereka yang memiliki problem Coeliac (smacam gluten-intolerance). Sering dipake untuk pengental pada tumisan karena efeknya bening dan kental saat dipanaskan. Gak cocok untuk gorengan karena menyerap minyak dan mengeras setelah dingin beberapa lama. Selain pengental, juga dipake untuk pengenyal pada bakso, pengganti sagu pada pempek (yang ini aku lom nyobain), juga sebagai bahan baku krupuk. Ada juga yang mebuat cendol berbahan tapioka, cendolnya lucu juga jadi panjang2, lentur dan bening.
Untuk kue kering bisa saling menggantikan dengan Tepung Sagu maupun Tepung Ararut. Kue kering yang terkenal dan terbuat dari ketiga jenis tepung ini adalah “Kue Semprit”.
Pada skala industri, tepung tapioka termodifikasi (modified tapioca starch) dipakai untuk pengental/stabilizer aneka saus.

Tepung sagu:
Tergolong tepung yang gluten-free. Dibuat dari bagian tengah pohon sagu atau pohon aren (sehingga kadang2 disebut sagu aren). Bagian tengah pohon ini dikeruk, dihaluskan, campur air dan didiamkan hingga mengendap. Endapannya dikeringkan dan dihaluskan ato dibentuk lempengan menjadi keping sagu yang populer untuk bubur, menjadi makanan pokok di banyak wilayah di Indonesia Timur.
Tepung Sagu punya karakter mirip Tepung Tapioka, tetapi lebih “kering”.
Selain untuk bubur, pempek, krupuk dan Kue Semprit, juga menjadi bahan utama pembuatan “Kue Bagea”, sejenis kue kering yang sangat beken sebagai oleh2 dari Ambon dan sekitarnya. Sagu Mutiara perupakan produk dari tepung sagu yang dibentuk menjadi butiran2 kecil, dipakai untuk bubur dan pelengkap aneka minuman. Di pasaran luar negeri, sagu mutiara disebut “Sago Pearls”, ada juga yang dibuat dari tapioca dan disebut “Tapioca Pearls”.
“Sagu Tani” merupakan merk tepung sagu dengan kualitas sangat bagus dan harganya relatif lebih mahal daripada tepung sagu biasa.

44 comments on “Bedanya Tepung Kanji dan Tepung Sagu

    • Pak Edy masih butuh tepung sagu? apakah kapasitas banyak? butuh sagu ber merk kah? kalau tidak butuh ber merk kita bisa kerja sama saya supplay sagunya dari sumbernya, dijamin putih bersih. sms di 082345303201

    • bu, Sartika saya baca coment ibu di “Bedanya Tepung Kanji dan Tepung Sagu” saya tertarik karena saya ada info punya tepung sagu banyak harga nanati kita bicarakan asal cocok dan permintaanya bisa diorder kita bisa lanjut pembicaraan ini terima kasih saya P’ Indot di Tangerang

    • Kami juga menjual tepung sagu dengan harga grosir. Kami olah sendiri dari pabrik kami yang berlokasi di Mentawai. Sagu kering dan sagu basah. Bisa order sampai 21 ton. Harga sagu kering kisaran 6000/kg. Mknat? Bisa hubungi Monica di 085272446410 / 087895571434 atau Hirani 081266218655

  1. terus terang saya ksini krn tertarik liat judul blog ini> tapi etelah di baca kenapa yg dibahas malah beda tepung tapioka dengan tepung sagu ????? mana tulisan “tepung kanji” nya????

  2. Yang membutuhkan tepung sagu murni bukan tapioka silahkan hubungi saya di nomer 081514222157 untuk order dan harga bisa langsung dibicarakan
    Pemesanan minimal 20 ton atau 1 kontainer
    Terima kasih

  3. Kami juga menjual tepung sagu dengan harga grosir. Akami olah sendiri dari pabrik kami yang berlokasi di Mentawai. Sagu kering dan sagu basah. Bisa order sampai 21 ton. Harga sagu kering kisaran 6000/kg. Mknat? Bisa hubungi Monica di 085272446410 / 087895571434 atau Hirani 081266218655

  4. Kami juga menjual tepung sagu dengan harga grosir. Kami olah sendiri dari pabrik kami yang berlokasi di Mentawai. Sagu kering dan sagu basah. Bisa order sampai 21 ton. Harga sagu kering kisaran 6000/kg. Minat? Bisa hubungi Monica di 085272446410 / 087895571434 atau Hirani 081266218655

  5. judul: “Bedanya Tepung Kanji dan Tepung Sagu”. tapi kenapa tidak ada satupun kata dalam artikelnya yang menyebutkan “tepung kanji”?. malah yang muncul “tepung tapioka”. aku jadi bingung.. *garuk2kepala
    jadi yang benar judul ini “Bedanya Tepung tapioka dan Tepung Sagu”.
    hadueh, judulnya menipu.. -__-

  6. Dear All,

    Saya ada produk tepung mocaf yang bisa dijadikan alternatif pengganti tepung Tapioka. kalau ada yang berminat untuk kerjasama dalam pendistribusian, saya sangat berterima kasih. contact saya di 081944823425

  7. Saya butuh tepung yg bisa bikin bakso menjadi sangat keras (tapi tidak bantat), mohon maaf saya jelaskan dulu, tahun 2011 saya pernah dikirim tepung dari jakarta “katanya” sih tepung kentang,tanpa difikir lagi langsung saya pake, ternyata hasil bakso nya terlalu keras ,maka saya berfikir bagaimana kalau kandungan daging nya saya tingkatkan tapi adonan saya encerkan se encer mungkin,dan syukurlah ternyata hasilnya bagus rasa kress tetap ada hasil lebih banyak,jadi bisa jual bakso lebih murah tapi berkualitas,yg jadi masalah keberadaan tepung itu hanya 2bulan saja,setelah itu saya mencari2 tepung “kentang” berbagai macam merek hasilnya nihil,tidak seperti yg di inginkan, kepada bpk/ibu yg sanggup membuatkan saya tepung yg karakter nya bisa seperti yg saya sebutkan di atas ,tepung apapun itu baik,tapioca ,sagu,kentang,arrowroot, apapun yg penting bisa seperti itu saya akan pesan insya Alloh 2ton dan ini kontinyu,kalau memang setelah diuji coba hasilnya seperti yg kami,inginkan
    Saya tunggu kabarnya dari bpk/ibu di no.087722391212

  8. Terima tepung sagu basah bersih yg sudah di cuci dan di ambil kotorannya… Kebutuhan banyak.. Serius!!! Hub 08180344543/081250506300 saputro.. Makasih

  9. Informasi Pemutih Tapioka
    Salam dari http://www.ferry-at.blogspot.com

    Bahan/Obat Pemutih Sagu/Tapioka
    Adalah bahan untuk membuat tepung sagu/tapioka yang anda hasilkan menjadi lebih putih bersih sehingga akan meningkatkan kualitas dan harga jual tepung sagu/tapioka anda.

    Berikut kami tawarkan harga Pemutih Sagu/Tapioka ini :
    Ø Harga eceran per-kilonya Rp. 60.000,-
    Ø Untuk pembelian diatas/ > 1 dus (1 dus @ 25 kg), harganya Rp. 1.375.000,-/dus
    Ø Sedang untuk pembelian diatas/ > 4 dus (1 dus @ 25 kg), harganya Rp. 1.250.000,-/dus

    *) Harga diatas tidak termasuk ongkos kirim.
    Apabila anda berminat silahkan menghubungi kami pada HP : 08567219970 atau e-mail : ferry_agustriyanto@yahoo.co.id silahkan kunjungi website http://www.ferry-at.blogspot.com

Berikan Balasan

